Thursday, January 15, 2015

Get Job, Get Fair, Job Fair!

Kadang kita merasa sulit mencari info lowongan kerja. Entah lowongan kerjanya yang tidak ada atau kita terlalu pilih-pilih dalam mencari pekerjaan. Ada berbagai macam cara mencari info lowongan pekerjaan. Bisa dari internet, koran, kantor pos, job fair, dan lain sebagainya. Setiap media lowongan kerja memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau kamu merasa kekurangan info lowongan kerja, kamu bisa datang ke job fair.

Di job fair kamu bisa melihat banyak sekali info lowongan kerja dari berbagai perusahan dengan berbagai jabatan. Ini bisa jadi memudahkanmu mendapatkan info lowongan kerja atau malahan menyusahkanmu. Agar tidak susah akan saya bantu kalian mengetahui gambaran dari job fair.



Dari gambar di atas kita bisa melihat keadaan saat job fair. Ada banyak sekali stand perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan. Baik perusahaan yang berskala lokal, nasional bahkan international. Tidak hanya perusahaannya yang banyak, pencari lowongan kerja tidak kalah banyaknya. Bahkan sampai berjalan pun susah karena saking banyaknya pencari kerja. 

Walaupun job fair diadakan di gedung yang besar, jangan berharap job fair akan sepi pengunjung. Pengangguran di Indonesia sangat banyak, belum lagi kutu loncatnya. Kutu loncat itu orang yang sudah bekerja tetapi mencari pekerjaan yang lain. Jadi, sudah dipastikan sainganmu akan banyak juga.


Agar lelahmu tidak percuma, kamu harus memperhatikan beberapa hal antara lain:

1. Cari tahu info tentang job fair tersebut
Sebelum datang ke job fair, kamu harus tahu jadwal pelaksanaanya. Biasanya job fair diselengarakan beberapa hari. Usahakan datang pada hari pertama. Kalau kamu datang hari pertama peluangmu lebih besar. Kalau hari pertama kamu belum mendaftar ke perusahaan yang kamu inginkan, kamu bisa datang lagi hari berikutnya.
Cari tahu juga perusahaan apa saja yang kira-kira akan ikut job fair. Hal ini bisa memudahkan kamu menyiapkan berkas yang akan di bawa. Dan bisa menjadi gambaran/target kira-kira perusahaan apa saja yang akan kamu lamar.
Untuk mengikuti job fair biasanya ada biaya pendaftaran. Atau ada ketentuan lain agar kamu bisa mengikuti job fair, misalnya mengisi formulir pendaftaran. Siapkan hal tersebut sebelum berangkat.
Info tentang job fair bisa kamu cari dari brosur/pamflet/iklan yang menginfokan tentang job fair tersebut.

2. Barang bawaan
Ingat, job fair kemungkinan besar akan membuatmu lelah. Jadi bawalah barang-barang yang penting saja. Gunakan tas yang mampu menampung barang bawaanmu.
Siapkan dulu berkas lamaran sebelum berangkat. Seperti surat lamaran, CV, pas foto, foto copy KTP, foto copy ijasah , foto copy transkrip nilai, dan dokumen lain yang mendukung. Buat surat lamaran yang bersifat universal, artinya bisa digunakan untuk macam-macam perusahaan. Kosongkan dulu kolom kepada dan jabatan yang dilamar. Semua dokumen itu sebaiknya dibuat sudah satu bendel. Jadi, saat di job fair kamu tidak perlu menyusun lamarnmu lagi tinggal mengisi perusahaan yang dituju. Sisakan 1 atau 2 bendel dokumen dari target perusahaan yang akan kamu lamar. Karena mungkin saat di job fair kamu ingin melamar ke yang lain juga.
Siapkan juga alat tulis pendukung. Seperti amplop, map, bolpoint, lem, paperklip, tipe x, cutter/gunting.
Minuman/makanan ringan dibawa seperlunya saja. Jangan sampai kamu dehidrasi dan kelelahan saat ikut job fair. Dan jangan lupa bawa tisue/sapu tangan untuk mengelap keringatmu yang bercucuran.
Kalau kamu pergi dengan temanmu, barang selain berkas lamaran sebaiknya joint saja. Jadi, tas kamu tidak terlalu banyak barang bawaannya.

3. Pakaian yang digunakan
Pakailah pakaian yang menyerap keringat dan model yang simple. Kalau mau pakai bleser, pilih yang tidak berbahan terlalu tebal.
Untuk perempuan. Kalau kamu berkerudung, pilih bahan yang menyerap keringat dan pakai kerudung yang simple. Yang tidak pakai kerudung, rambut diikat rapi. Jangan pakai sepatu high heels. Pakailah sepatu yang nyaman digunakan untuk lama berdiri dan berjalan. Sebaiknya memakai celana panjang. Jangan memakai rok span apalagi rok mini.
Untuk laki-laki sepertinya tidak usah diberi saran kalian sudah simple dalam berpakaian.
Intinya pakailah pakaian yang nyaman, simple, menyerap keringat, rapi, dan profesional. Jangan memakai parfum yang terlalu menyengat dan jangan juga membiarkan bau badanmu terlalu berlebih. Kasian orang di dekatmu bisa pingsan karena baumu.

4. Saat di job fair
Langsung datangi stand perusahaan yang menjadi targetmu. Setelah perusahaan yang menjadi target selesai, baru melihat perusahaan yang lain. Setiap perusahaan beda-beda dalam menerapkan sistem rekrutmen. Ada yang langsung interview, ada juga yang hanya meletakkan berkas lamaran. Siapkan dirimu apapun sistemnya. Tanyakan juga kapan proses selanjutnya dilaksanakan dan dari mana informasi tersebut bisa didapat.

5. Jaga kesehatan
Jangan terlalu memaksa bila kamu benar-benar lelah. Kan malu kalau sampai pingsan ditengah kerumunan. 

6. Tetap waspada
Walaupun kamu langsung bertemu dengan perusahaan yang kamu lamar, tetap saja kamu harus waspada dengan tindak penipuan atau modus yang lain. Perusahaan yang sering membuka lowongan kerja kemungkinan karyawannya sering keluar. Itu tandanya manajemen di perusahaan tersebut tidak bagus. Hati-hati juga dengan modus marketing. Terkadang perusahaan yang menjual produk saat job fair tidak benar-benar membuka lowongan perusahaan. Mereka menggunakan job fair hanya sebagai sarana marketing saja agar perusahaannya dikenal juga produknya bisa laku. Memang tidak semua perusahaan seperti itu tapi waspada tetap perlu.


Setelah selesai job fair, tetap ikuti informasi perusahaan yang kamu lamar. Jangan sampai kamu lolos ke tahap berikutnya tapi malahan tidak tahu karena ketinggalan informasi. Berikan contact personmu baik no hp atau email dengan benar. Kalau bukan satu dua hari dihubungi lagi, mungkin suatu saat nanti.

Mencari kerja memang susah-susah gampang. Kamu seperti ikut undian berhadiah. Dapat ya syukur, ngga dapat ya cari lagi. Kadang kita merasa lebih baik dari orang yang diterima di perusahaan itu. Tapi mengapa bukan kita yang bekerja disitu? Namanya juga undian berhadiah, tidak ada yang tau.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca, silahkan berkomentar

Translate

Popular Posts