Wednesday, January 14, 2015

Wajahmu Ada Dalam Curriculum Vitae

Pernah kah kamu melihat Curriculum Vitae (CV) atau sering disebut juga Daftar Riwayat Hidup? Pasti pernah dong, entah itu kamu lihat punya orang lain atau kamu membuatnya sendiri. Sebenarnya apa sih itu CV?

CV adalah dokumen yang menggambarkan seseorang selama hidupnya. Jadi, CV itu menjabarkan siapa kamu dari mulai lahir sampai pada saat ini. Atau apa yang ingin kamu tunjukan ke orang lain yang ada dalam dirimu. Tapi bukan berarti karena kamu sudah hidup bertahun-tahun berarti bisa menulis CV berlembar-lembar. CV yang terlalu banyak cenderung tidak menarik sehingga CV mu tidak ada yang membaca.


Banyak yang tidak tahu bahwa orang yang pertama kali membuat CV untuk melamar pekerjaan adalah Leonardo da Vinci pada tahun 1482. Dan seperti inilah isinya:


Yang Mulia, kini setelah cukup melihat dan mempertimbangkan bukti-bukti yang ditunjukkan oleh mereka semua yang menganggap dirinya pakar dan penemu peralatan perang dan mendapati alat tersebut ternyata tidak ada yang luar biasa dari yang biasa digunakan, maka saya memberanikan diri tanpa prasangka pada siapapun untuk menulis surat kepada yang Mulia dalam upaya untuk menyampaikan temuan-temuan saya, mendemonstrasikan dan menyerahkan pada yang Mulia diwaktu yang tepat,

Saya memiliki rancangan jembatan yang sangat ringan dan kuat serta cocok dan sangat mudah untuk dibawa-bawa dan digunakan dalam pertempuran. Jika suatu tempat dikepung, saya tahu bagaimana memotong air dari salurannya, dan membangun tangga-tangga dan alat lain yang tak terbilang jumlahnya dalam waktu singkat. Andaikan karena tinggi tembok dan kuatnya suatu benteng hingga mustahil untuk dihancurkan dengan pengeboman, saya tahu cara menghancurkannya bahkan andaikanta benteng tersebut dibuat dari batu cadas sekalipun.

Saya juga memiliki rancangan untuk membuat kanon yang dapat melontarkan peluru yang banyaknya seperti hujan. Seandainya pertempuran terjadi di laut maka saya telah memiliki rancangan kapal yang dapat menahan tembakan meriam bahkan yang paling berat sekalipun.Untuk menembus benteng lawan, saya dapat membuat lorong dalam tanah yang bisa menembus sungai sekalipun, dan dibuat tanpa bersuara.

Dan kelak pada waktu damai, saya akan dapat menjadi arsitek kota yang merancang dan membangun karya-karya indah baik untuk keperluan publik ataupun pribadi. Sayapun mampu pula untuk membuat patung dari marmer, perunggu, tanah liat serta melukis, dimana karya saya boleh diadu oleh siapapun yang ahli dibidangnya. Selain itu juga saya akan membuatkan bagi anda sebuah patung kuda yang terbuat dari perunggu sebagai lambang kemulian dan penghormatan abadi.
Yang Mulia apa bila saat ini ada sesuatu yang anda tugaskan pada orang lain dan ia tidak sanggup melakukannya, maka perkenankanlah saya melakukannya untuk anda, untuk menyelesaikannya di tempat manapun yang anda kehendaki.

Yang Mulia Kepada andalah saya mengabdi dengan segala kerendahan hati.

Leonardo Da Vinci

 Isi dari CV yang dibuat Leonardo da Vinci memang jauh berbeda formatnya dengan CV yang sekarang sering kita lihat. Tetapi inti dari isinya tetaplah sama. Sama-sama menggambarkan apa yang kita miliki. Kalian pasti tau siapa Leonardo da Vinci. Seorang seniman dan penemu seperti yang tertulis di CV-nya.

Agar terkesan kamu orang yang baik dan tepat seperti yang mereka cari, kamu harus memperhatikan CV yang kamu buat. Berikut CV yang menggambarkan kepribadianmu:

1. Singkat, jelas, padat dan sudah sangat standart

Format tabel seperti di atas sudah sering kita jumpai. Tapi justru format seperti itu lebih mudah dipahami yang membaca. Sehingga terkesan to the point dan tidak bertele-tele.

2. Jadul


Kamu bisa dapat CV/ daftar riwayat hidup seperti di atas di fotocopy terdekat. Menurutku, orang yang masih pakai CV kaya gitu orangnya kurang bergaul yang hidup di jaman batu. Kalau ada perusahaan yang tertarik dengan karyawan yang membuat CV seperti itu berarti yang menyeleksi orangnya pun jadul, jidat mengkilat, rambut ubanan, dan bercelana cut bray.

3. Kreatif

Kalau kamu ingin bekerja di industri kreatif tidak apa-apa membuat CV yang kreatif seperti diatas. Tapi tetap harus mudah dibaca dan dipahami. Jangan sampai kreatifitasmu malahan dinilai alay dan berlebihan. Inget, keren buatmu belum tentu keren untuk orang lain.

4. Sudah pasti ditolak

Perusahaan mana yang mau mempekerjakan orang seperti diatas?


Sebenarnya sah-sah saja kamu mau membuat CV seperti apa. Hanya saja sebelum kamu mengirimnya, kamu harus tau kira-kira perusahaan seperti apa yang akan kamu lamar. Jangan sampai salah sasaran yang malahan berujung pada penolakan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca, silahkan berkomentar

Translate

Popular Posts